Ribuan Orang Memadati Pameran Alutsista TNI AD Di Monas

Jakarta – Pameran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI Angkatan Darat yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo mendapat antusias dari ribuan orang.

Pantauan ANTARA, ribuan pengunjung memadati pameran alutsista milik TNI AD yang di gelar di Lapangan Monas, Jakarta, Sabtu. Tak jarang para pengunjung pameran membawa keluarganya untuk dapat melihat langsung Alutsista yang dimiliki TNI AD itu. Bahkan, mereka seringkali foto bersama keluarganya di atas atau di depan alat-alat perang yang dibeli dari dana APBN itu.

Alutsista yang dipamerkan oleh TNI AD sendiri adalah alutsista baru dan alutsista lama. Alutsista baru yang dipamerkan itu, yakni dari Artileri Medan (Armed), seperti roket Multiple Launch Rocket System (MLRS)/Astros dari Brasil dan Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis.

Selain dua senjata baru itu, TNI AD juga memamerkan senjata artileri lainnya, seperti Meriam 76/Trk buatan Yugoslovakia, Meriam 155/FH 2000 buatan Singapura dan Meriam 105 AMX. Untuk senjata kavaleri, TNI AD memamerkan Tank Scorpion, AMX-13 (paling banyak yang dimiliki Indonesia), Panser VAB NG buatan Pindad, Panser V 150 dan Panser Anoa. Heli serbu yang dipamerkan Heli Bell 412 dan Heli MI-17.

Keingintahuan masyarakat alutsista terbarukan milik TNI AD ini juga tampak di stand Tank Scorpion, AMX-13, Panser VAB NG buatan Pindad, Panser V 150 dan Panser Anoa dan Heli MI-17 dari Jerman, dan Heli MI-35P Rusia. Stand tersebut terus dipenuhi pengunjung, bahkan anak-anak yang menaiki Panser, Tank Scorpion hingga Heli MI-35P.

Salah seorang pengunjung Nurfaindah (30), mengaku, sengaja datang dari Jakarta Timur untuk melihat pameran alat persenjataan TNI AD secara langsung.

Dirinya bersama suami dan anaknya itu datang ke pameran lantaran anaknya yang berusia dua tahun sangat antusias bermain dengan mainan helikopter dan tank.

“Selama ini anak saya hanya melihat gambar dan bentuk mainan saja. Oleh karenanya, saya membawa anak agar bisa melihat secara langsung tank dan helikopter yang dimiliki TNI kita,” katanya.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo mengatakan, penyelenggaraan pameran sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Ke-67.

“Pameran ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban KSAD kepada rakyat. Peralatan apa yang dibeli dengan mengguna uang dari rakyat,” katanya.

Tujuan pameran itu, kata dia, agar masyarakat mengetahui apa saja alat yang digunakan oleh AD. Namun, dalam pameran ini masyarakat tidak bisa melihat Main Battle Tank (MBT) Leopard yang dibeli TNI AD dari Jerman.

Pramono menambahkan, alutsista baru yang dipamerkan kali ini, seperti dua unit Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis itu hanya sebagai contoh saja, sementara barang-barang yang telah dipesan belum sampai ke Indonesia.

Ia pun berharap, sejumlah alutsista yang sudah beli TNI AD, pada 2014 mendatang sudah lengkap. Seperti, dua batalyon roket Multiple Launch Rocket System (MLRS)/Astros dari Brasil, dua batalyon Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis, 100 unit tank Leopard dan helikopter serang.

Acara Dibuka Langsung Oleh Menhan

TNI Angkatan Darat menggelar pameran alat utama sistem senjata (Alutsista) di Halaman Monumen Nasional, Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-67 TNI. Acara ini terbuka untuk umum dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Pameran alutsista TNI AD ini sengaja dibuka untuk umum agar masyarakat luas bisa melihat apa saja persenjataan yang selama ini dipakai oleh para tentara. Ini juga sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI terhadap anggaran yang selama ini didapat untuk membuat atau membeli senjata.

Pameran ini tidak hanya menampilkan senjata-senjata perang para tentara, tapi juga alat-alat pendukung lainnya seperti radar, helicam, seragam, dan rompi anti peluru yang dibuat oleh perusahaan pendukung.

Acara dibuka langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro. Dalam acara tersebut, Menhan mengatakan bangga dengan persenjataan TNI yang saat ini semakin berkembang baik dari segi teknologi, kecanggihan, maupun fungsinya.

Selain itu, Menhan juga datang untuk melihat sejata-senjata terbaru yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Sumber : ANTARA/Metrotv News

About these ads

One thought on “Ribuan Orang Memadati Pameran Alutsista TNI AD Di Monas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s